SpecTAXcular – Bayarnya E-Billing Lapornya E-Filing

    Salah satu kewajiban  kita sebagai warga negara yang baik tentunya adalah membayar pajak. Kenapa kita harus membayar pajak? Karena negara kita tidak mungkin terus-menerus mengandalkan pendapatan dari Sumber Daya Alamnya (pastinya cepat atau lambat SDA Indonesia pasti akan habis juga). Maka dari itu kalau bukan warga negaranya yang secara rutin membayar pajak sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku, lalu dari mana lagi negara tercinta kita ini bisa mendapatkan penghasilan untuk membiayai semua operasionalnya (mulai dari pembangunan, pendidikan, keamanan dan masih banyak lagi). Ibarat sebuah kelas, kalau bukan dari anggotanya yang iuran (bahasa jawanya urunan), lalu dari mana lagi kelas itu dapat mempunyai uang untuk ikut kegiatan-kegiatan sekolah. Jangan hanya teriak I Love Indonesia atau NKRI Harga Mati tapi ketika disuruh bayar pajak ngelesnya minta ampun hehehe.

Pajak dikorupsi?

    Gag usah bingung, yang penting kita tunaikan kewajiban kita, hitung-hitung sedekah buat orang banyak. Kalau kita tidak mau membayar pajak alias free rider, lalu apa bedanya kita dengan para koruptor itu? Kan berarti kita sama-sama mencuri uang pajak (bedanya paling yang di curi koruptor uangnya banyak, sementara yang kita ambil cuman sedikit hehe).

    Sudah mulai mengerti kan pentingnya pajak buat negara kita?  Nah di Maret 2018 ini DJP (Direktorat Jenderal Pajak) mempunyai kampanye simpatik SpecTAXcular yang dilakukan serentak pada tanggal 18 Maret di seluruh Kantor Wilayah mereka. Tema kampaye simpatik ini adalah Bayarnya E-Billing Lapornya E-Filing. Kali ini traveller653 berkesempatan mengikuti acara SpecTAXcular di Kanwil DJP Nusa Tenggara yang diadakan di Taman Udayana bertepatan dengan acara car free day.

Apasih bedanya E billing dan E-Filing?

    Menurut Pak Dwi selaku perwakilan dari Kanwil DJP Nusra, E-Billing merupakan sarana kita untuk membayar pajak. Jadi kita buat dulu lewat aplikasinya berapa pajak yang akan kita bayar, lalu terbitlah yang namanya kode billing. Kode ini lah yang kita bawa k bank sebagai alat untuk membayar pajak (mangkanya kadang mimin bingung kalau ada orang yang bilang uang pajak di korupsi pegawai pajak, lha pembayarannya lho langsung ke rekening negara lewat bank -_-). Setelah membayar, ada kewajiban berikutnya yaitu lapor pajak setahun sekali terakhir 31 Maret untuk wajib pajak orang pribadi. Lapornya ini lewat aplikasi yang namanya E-filing yang dapat dikases lewat www.djponline.pajak.go.id. Lebih lanjut, Pak Dwi berpesan kalau masih bingung bisa menghubungi kantor pajak terdekat, simpel kan.

    Jam sudah menunjukkan pukul 06.00 WITA saat saya datang ke sana. Lumayan rame juga sih karena bebarengan dengan car free day. Di atas panggung berjejer berbagai hadiah menarik dengan hadiah utamanya sepeda. Supaya bisa mendapatkan salah satu hadiah menarik di atas panggung, masyarakat harus menunjukkan NPWPnya lalu ditukar dengan kupon undian. Kebetulan saya bawa NPWP, langsung tak tunjukin dan dapat kupon undian.

bismillah….semoga dapat undian utamanya

    Acaranya berlangsung cukup menarik. Di awali dengan jalan sehat di sekitar Jalan Uayana, lalu dilanjutkan dengan senam aerobik. Di sebelah kiri panggung juga sudah disediakan photobox yang pengin narsis di media sosial. Berbagai penampilan menarik dari KPP Mataram Timur, KPP Praya, dan KPP Mataram Barat turut memeriahkan aksi simpatik ini. Walaupun akhirnya nomer kupon saya tidak tembus, tapi saya cukup terhibur dengan acara ini dan sedikit demi sedikit masyarakat semakin tahu tentang pentingnya pajak buat negara kita tercinta.

Jalan sehat bersama masyarakat
Senam Aerobik
Hiburan band dari KPP Praya
Mbak2 pemenang hadiah utama berupa sepeda

    Jika kalian ingin berbuat baik apalagi hal tersebut adalah kewajiban kita (seperti membayar pajak), lakukanlah dengan benar tanpa harus memikirkan apakah uangnya itu akan dikorupsi atau tidak. Yang penting kewajiban kita telah dilaksanakan dan awasi penggunaan uang pajak.

Jangan lupa ya Bayarnya E-Billing Lapornya E-Filing

Follow kita di IG @traveller653 ^_^

2 Replies to “SpecTAXcular – Bayarnya E-Billing Lapornya E-Filing”

  1. Photobooth deh kak kayaknya 😂 Photobox uda kehilangan namanya beberapa juta taun lalu😸😸😸

    1. traveller653 says: Reply

      Sama2 tempat buat foto lah 😂

Leave a Reply