Etape 3 Tour de Lombok Mandalika – Final Tour

        Lombok selalu punya cara unik untuk mempromosikan dirinya ke mancanegara. Selain gencar berkampanye tentang keindahan alam Pulau Lombok yang luar biasa, pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat juga punya cara lain untuk menarik minat wisatawan asing datang, salah satunya dengan lomba balap sepeda Tour de Lombok Mandalika. Selain untuk menarik wisatawan, tujuan diadakan lomba balap sepeda ini adalah menjadikan Lombok sebagai destinasi sport tourism berskala internasional.

        Kegiatan TdLM ini berlangsung selama 3 hari, dimulai hari jumat tanggal 14 April 2018 sampai dengan hari minggu tanggal 15 April 2018. Lomba balap sepeda yang memperebutkan hadiah total mencapai 300 juta rupiah ini diikuti oleh 86 pembalap yang terbagi menjadi 18 tim dengan jumlah negara mencapai 24 (lumayan efektif buat mengenalkan Lombok ke mancanegara).

Suasana penonton saat menonton di Taman Sangkareang

Etape pertama

       Dimulai dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan finish di Kantor Gubernur NTB, menempuh jarak sejauh 84,4 km. Melintasi Pantai Kuta, desa adat suku sasak (Sade), bypass bandara lalu masuk ke Kota Mataram. Pemenang etape ini adalah Metkel Eyob, pria berkebangsaan Eritrea yang bergabung bersama tim Trengganu Cycling Club. Disusul kemudian pembalap Uni Emirat Arab dari tim UEA, Yousif Mohammed dan peringkat ketiga pembalap asal Singapura dari tim Trengganu Cycling Club, Choon Huat Goh.

Etape kedua

       Start dari  salah satu Landmark Pulau Lombok yaitu Islamic Center, melewati pegunungan di Hutan Pusuk yang terkenal dengan monyet-monyetnya dan berakhir di Sembalun Lombok Timur. Trek yang ditawarkan dalam etape ini adalah tanjakan karena letak Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani. Etape kedua ini menempuh jarak sekitar 173,4 km dengan pemenangnya adalah pembalap Malaysia, Muhammad Zawawi Azman dari tim Sapura Cycling.

Etape ketiga

        Start dan finish di Taman Sangkareang, mengitari jantung Kota Mataram selama 10 putaran dan menempuh jarak 110 km. Pembalap Jepang dari tim Aisan Racing Team, Shiki Kuroeda, berhasil menjadi yang tercepat disusul Anuar Manan dari tim Forca Amskin dan pembalap Indonesia dari tim Sapura Cycling, Aiman Cahyadi. Etape ini menjadi etape trakhir sekaligus menjadi penutup Tour de Lombok Mandalika 2018

Tim terbaik dimenangkan oleh Sapura Cycling
Penghargaan King of Mountain (KOM)
Penghargaan untuk sprinter terbaik
Pemilik jersey kuning atau pemenang Tour de Lombok Mandalika

Hasil selengkapnya bisa dilihat di:

https://www.procyclingstats.com/race/tour-de-lombok/2018

       Saat pembagian hadiah, sudah menjadi tradisi kalau ada penganugerahan kaos berwarna untuk peserta terbaik di kategori tertentu, yaitu :

  1. Kaos Kuning : diberikan kepada pemenang balapan atau pemimpin klasemen.
  2. Kaos Biru/Hijau    : diberikan kepada sprinter terbaik untuk lintasan datar.
  3. Kaos Polkadot (Titik titik merah) : diberikan kepada raja tanjakan atau King of Mountain (KOM)
  4. Kaos Merah Putih   : diberikan kepada pembalap Indonesia terbaik
Foto sama Aiman Cahyadi, pemilik jersey biru kategori sprinter terbaik
Pemilik jersey polkadot, Azman Muhammad Zawawi, pemenang kategori King of Mountain atau raja tanjakan
Medali untuk tim terbaik (Karena kemenangan tim di atas kemenangan individu)

******************

Follow IG kita ya guys di Traveller653 ^_^

3 Replies to “Etape 3 Tour de Lombok Mandalika – Final Tour”

  1. great website, success..

  2. You could create interest in any topic! Good job!

  3. halo, bagus-bagus bro produknya…aku suka. sukses terus ya.

Leave a Reply