Menikmati Senja di Kawasan Mangrove Cantik BJBR

Udara di Kota Probolinggo memang cukup panas karena lokasinya yang dekat dengan laut, tapi itu tak menghalangi kami buat tidur pulas selepas berenang di Gili Ketapang. Masjid Agung Kota Probolinggo menjadi tempat istirahat kami siang ini. Terima kasih kepada takmir masjid karena telah memberikan ijin kami buat “ngadem” dan istirahat sebentar di sini. Selepas ashar kami kembali ke penginapan untuk mandi dan berdandan “kece” karena tempat tujuan kami berikutnya memiliki spot-spot foto yang sangat cantik apalagi saat senja. Yups….wisata yang lagi ngehits saat ini, Bee Jay Bakau Resort atau yang terkenal dengan nama BJBR.

BJBR merupakan kawasan ekowisata mangrove yang terletak di Pantai Mayangan, Mangunharjo atau berjarak sekitar 4 km dari alun-alun Kota probolinggo. Untuk mencapainya, kita harus masuk dulu ke Pelabuhan Ikan Mayangan dengan membayar sebesar Rp 5.000 per mobil, setelah itu kita tinggal mengikuti papan petunjuk menuju BJBR.

Harga tiket masuk saat weekend atau hari libur nasional sebesar Rp 50.000 tiap orang. Mahal kah untuk harga segitu? Dijamin tidak kok untuk semua fasilitas dan kecantikan yang ditawarkan. Oh iya, wilayah BJBR ini dibagi menjadi 2 blok yaitu utara parkiran dan selatan parkiran. Sebelah utara merupakan kawasan Majengan Bakau Beach (MBB) yang mana terdapat wahana hiburan dan kuliner seperti Kafe Tenda, WaterBoom, Indraloka Garden, Lapangan Volly Pantai, Fantasy Land, dan Piramida Botol. Sementara di sebelah selatan merupakan hutan bakau yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan banyak spot-spot foto menarik.

Setelah memasang gelang tiket di tangan, kami bergegas masuk ke hutan mangrove karena kami tidak mau melewatkan momen senja ini dengan sia-sia (apalagi saat itu senjanya lumayan cantik untuk dijadikan background foto). Menyusuri jalanan yang terbuat dari kayu, kita akan melihat deretan tanaman hijau yang menyejukkan mata ditambah hamparan laut dengan anginnya yang khas membuat esotisme tempat ini semakin terasa. Nah buat teman-teman yang sedikit alay, di sini juga ada area Gembok Cinta yang menjadi spot favorit kaum muda mudi untuk menuliskan nama mereka dengan pasangan mereka (mungkin agar cintanya tidak pergi mangkanya harus digembok ya wkakakaka).

Di ujung wisata ini terdapat patung kuda troya sebagai penutup spot foto di kawasan sini. Untuk “menaikinya” dan berfoto di atasnya, anda cukup membayar 5.000 rupiah. Oh iya, buat kalian yang ingin bermalam di sini tersedia bungalow-bungalow yang bisa anda sewa bersama keluarga atau dengan pasangan sah anda. Keunikan bungalow ini? saat anda bangun tidur langsung  anda disuguhi dengan pemandangan laut dan hutan mangrove yang cantik, pasti berkesan banget deh.

Ada hal menarik lagi lho di sini yaitu mushola terapungnya. Untuk menuju ke sana kita harus melewati sebuah jembatan yang jalannya agak melingkar ditambah lampu jalan yang cantik, cocoklah buat kalian yang ingin “pamer” di instragam, apalagi momennya pas senja kayak gini. Tapi hati-hati ya buat yang membawa anak kecil karena jembatannya tidak memakai pembatas di sisinya. Karena mushola ini di atas laut, maka saat kita sholat mata kita langsung bisa melihat air laut, pengalaman yang tentu sangat jarang kita temukan hehe.

Berhubung 2 orang bapak kepala seksi yang ikut traveling kali ini ada acara di hari minggunya dan mengharuskan beliau kembali ke Malang malam ini, maka kami akhirkan perjalanan kami di BJBR selepas Sholat Magrib supaya mereka tidak ketinggalan bis (jurusan Probolinggo-Malang terakhir pukul 21.00). Namun sebelum eksplore Probolinggo hari ini berakhir, kami sempatkan dulu mencicipi ikan bakar Gatsu yang berada di utara alun-alun sebagai makan malam kita, baru setelah itu kami antar beliau-beliau ke terminal Probolinggo.

Kalau boleh berpendapat, ini salah satu tempat romantis dan instagramable yang bisa kita kunjungi bersama teman-teman maupun dengan pasangan. Hutan Mangrove yang dulunya tidak terurus dan banyak sampah berserakan, sekarang telah berubah menjadi suatu tempat yang ngangenin buat dikunjungi lagi. Ini bukti kalau kita ada niat kuat untuk berubah menjadi lebih baik, meskipun itu secara perlahan, pasti kita akan memperolehnya suatu saat nanti karena hal yang baik pasti akan berakhir dengan indah. BJBR telah membuktikannya untuk kita semua ^_^

One Reply to “Menikmati Senja di Kawasan Mangrove Cantik BJBR”

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

Leave a Reply