Icip-icip Aneka Macam Kerupuk Rambak di Toko Intan Jaya

Tulungagung selama ini terkenal sebagai penghasil marmer dan ayam lodhonya yang melegenda. namun saat kita berkunjung ke kabupaten ini, kita sering kebingungan jika dititipi oleh-oleh sama teman kita (masak mau dibawakan potongan marmer). Itu kenapa saya atau mungkin teman-teman lain mesti bingung jika dititipi oleh-oleh khas daerah ini.

Sekarang ada satu jenis makanan yang coba dikembangkan sebagai cemilan khas Tulungagung, yaitu kerupuk rambak. Apa sih rambak itu? Kalau yang belum familiar dengan kerupuk jenis ini, saya kasih penjelasan sedikit. Kerupuk ini berasal dari kulit sapi atau kerbau, lalu sekarang mulai dikembangkan dari bahan lainnya seperti ikan patin. Tentu yang sering atau pernah mengicipinya pasti akan bilang “jangan makan rambak tanpa air minum disebelahmu”. Yup….benar sekali, kerupuk jenis ini memang sangat “nyereti” kalau istilah jawanya. Tau kan arti kata nyereti? Kalau gak tahu bisa tanya temennya yang orang jawa hehehe.

Awal tahu toko ini saat ibuk bercerita kalau sekarang ada kerupuk rambak khas Tulungagung yang rasanya lumayan enak. Ibuk penasaran dimana toko yang jual rambak itu (padahal ibukku asli orang Tulungagung, tapi tahunya ya baru akhir-akhir ini). Akhirnya pas kami sekeluarga sedang berziarah ke makam kakek, kami sempatkan mampir ke toko ini untuk membeli beberapa bungkus kerupuk rambak buat camilan di rumah.

Lokasinya tidak begitu jauh dari pemakaman cina Tulungagung,  tepatnya di Jl. Pangeran Antasari No.25, Kampungdalem Kab. Tulungagung,. Kata ibuk, seingatnya dulu di tempat itu merupakan kandang bis Lina Jaya, mangkanya ibuk tidak tahu kalau ada toko oleh-oleh kerupuk rambak di sana. Parkir tokonya cukup luas sehingga kalian tidak usah bingung kalau membawa rombongan besar. Jam buka toko mulai pukul 06.00 WIB. Selain rambak, mereka juga menjual banyak jajanan khas dari daerah Jawa Timur-an seperti kue mancho, kacang telur, kripik buah, dll. Harganya? Ehm….pas lah buat kantong, tidak terlalu mahal.

Yuk mampir icip-icip kerupuk rambak kalau sedang main ke Tulungagung. Yang jelas sekarang saya tidak akan bingung lagi kalau mencari oleh-oleh di Tulungagung karena sekarang mereka punya camilan enak dari kulit sapi dan kerbau ^_^

Leave a Reply