Ayo Ke Banyuwangi, Kabupaten dengan Segudang Tempat Wisata Alamnya

     Kabupaten Banyuwangi memiliki banyak destinasi wisata menarik yang tidak akan cukup dikunjungi dalam waktu 2 hari. Berada di ujung timur Pulau Jawa dan memiliki cakupan daerah dari utara sampai selatan membuat Banyuwangi memiliki keunikan khusus dibandingkan kabupaten-kabupaten lain di Pulau Jawa. Pantai dengan ombak yang tenang khas pantai-pantai di daerah utara hingga pantai dengan ombak tinggi laut selatan yang dapat dipakai untuk surfing dapat kita temui di sini. Tak hanya soal pantai, Banyuwangi juga memiliki sebuah puncak yang unik dan spesial karena terdapat api biru abadi yang terlihat besar di malam hari namun seakan-akan menghilang saat matahari mulai muncul. Belum lagi kalau kita berbicara suku budaya, Banyuwangi memiliki sebuah suku yang masih kental adat istiadatnya yaitu Suku Osing. Keunikan-keunikan itulah yang membuat kabupaten yang mendapat julukan Sunrise of Java ini menjadi destinasi wisata andalan di Jawa Timur.

      Selain memiliki julukan Sunrise of Java karena pertama kali matahari terbit di Pulau Jawa muncul di kabupaten ini, Banyuwangi juga terkenal dengan sebutan Bumi Blambangan. Sedikit sejarah singkat asal muasal nama Blambangan yaitu dahulu kala saat Kerajaan Majapahit berdiri, ujung timur pulau jawa (Lumajang, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi) diberikan oleh Raden Wijaya (raja pertama Majapahit) kepada Arya Wiraraja karena jasanya telah membantu mengalahkan Kerajaan Kadiri yang dipimpin oleh Jayakatwang. Daerah inilah yang kemudian menjadi cikal bakal Kerajaan Blambangan.   Ulasan sejarah juga pernah mengisahkan sebuah legenda yang masyur antara Minakjinggo (Adipati Blambangan) dengan Damarwulan. Rakyat dari Kerajaan Blambangan ini terkenal dengan nama Suku Osing, yang mana masih dapat kita temui saat berkunjung ke Banyuwangi.

Berikut kami sajikan beberapa tempat yang sebaiknya kalian kunjungi saat main-main ke Kapubaten Banyuwangi:

  1. Ingin melihat Api Biru Abadi dan puncak Banyuwangi yang mempesona? Gunung Ijen jawabannya.

        Sebelum Banyuwangi terkenal menjadi salah satu pusat wisata di Jawa Timur, Gunung Ijen telah memiliki nama sendiri di kalangan pendaki maupun wisatawan sebagai tempat yang indah untuk dikunjungi. Ibarat kata, Gunung Ijen seolah-olah menanggung sendiri beban untuk mengenalkan Banyuwangi kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca juga: http://traveller653.com/2018/03/28/gunung-ijen-pesona-api-biru-abadi-dan-kawah-toska-yang-melegenda-bumi-blambagan-part-2/

     Terkenal dengan api birunya yang konon abadi (meskipun sebenarnya tidak ada yang abadi di dunia ini hehe), gunung ijen juga memiliki kawah cantik yang berwarna hijau toska. Tak lupa sunrise-nya semakin melengkapi keindahan puncak yang satu ini. Cukup 2-3 jam mendaki anda sudah bisa menikmati semua hal tersebut..

  1. Suasana romantis bareng pasangan sambil menikmati sunset yang indah, datang saja ke Pulau Merah

     Berada di deretan pantai selatan Banyuwangi, pantai yang semula memiliki nama Pantai Ringin Pitu ini memiliki pasir yang lembut dengan garis pantai yang panjang. Ciri khas yang menonjol dari pantai ini adalah adanya bukit kecil yang bisa di kunjungi saat air surut. Suasana romantis langsung dapat kita rasakan dengan pasangan (pastinya yang halal ya) saat matahari terbenam yang membuat pasir pantai seperti memancarkan warna merah, apalagi kalau kita menyewa tempat tidur berpayung sambil menikmati kelapa muda, dijamin senja anda akan sangat berkenang

9 Replies to “Ayo Ke Banyuwangi, Kabupaten dengan Segudang Tempat Wisata Alamnya”

  1. Good day! Behold is a good offer for you. http://bit.ly/2JZHqEb

  2. With thanks! Valuable information!

    1. traveller653 says: Reply

      thanks

  3. bagus sekali pemandangannya..

    1. traveller653 says: Reply

      terima kasih, yuk eksplore banyuwangi

  4. tempat mana saja yang harus saya kunjungi jika saya ke banyuwangi?

    1. traveller653 says: Reply

      Kalau ingin sunrise cantik bisa datang ke Gunung Ijen, trackingnya tidak begitu sulit kok.
      Kalau ingin pantai buat bersantai sambil menikmati sunset, pantai merah harus kamu kunjungi ^_^

  5. Apple now has Rhapsody as an app, which is a great start, but it is currently hampered by the inability to store locally on your iPod, and has a dismal 64kbps bit rate. If this changes, then it will somewhat negate this advantage for the Zune, but the 10 songs per month will still be a big plus in Zune Pass’ favor.

  6. Like!! I blog frequently and I really thank you for your content. The article has truly peaked my interest.

Leave a Reply