Ingin Melihat Suasana Blitar Tempo Dulu? Datang Saja Ke Blitar Djadoel

    Dalam rangka memperingati hari jadi ke-112, Pemerintah Kota Blitar mengadakan agenda rutin tahunan yaitu Blitar Tempo Dulu (BTD) atau Blitar Djadoel yang dilaksanakan di Aloon Aloon Blitar (Jalan Merdeka, depan Kantor Walikota). Blitar Djadoel ini merupakan suatu bazar yang di dalamnya menampilkan stand-stand dari masyarakat Kota Blitar yang mana stand tersebut harus mengusung konsep tempo dulu, misalnya saja dalam hal pakaian, pernak pernik, ataupun makanan-makanan yang di jual di dalamnya. Kegiatan bazar ini berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 4 April sampai dengan 8 April 2018 dan dibuka setiap hari pada pukul 15.00-21.30 WIB. Untuk tiket masuknya yaitu sebesar 0 rupiah alias gratis, benar-benar memanjakan pengunjung yang datang kan (pengunjung cukup membayar uang parkir saja).

    Berkesempatan hadir di malam hari ke dua bazar karena penasaran dengan kemeriahannya, kami terkejut dengan ramainya pengunjung yang hadir. Jalan Merdeka yang biasany tidak pernah macet, mendadak menjadi sangat macet karena bahu kanan dan kiri jalan dipakai untuk parkir. Bahkan kami baru dapat parkir mobil di Jalan Mastrip sehingga harus jalan kaki sekitar 1 kilometer. Acara-acara tahunan seperti ini memang sudah seharusnya dimeriahkan oleh masyarakat, apalagi Bazar Blitar Djadoel ini termasuk ke dalam rangkaian peringatan ulang tahun Kota Blitar.

       Masuk ke Aloon Aloon, sudah berjubel pengunjung yang datang (rame banget pokoknya, jalan pun tidak bisa cepat karena penuhnya populasi di sana hehe). Sehabis pintu masuk kami disambut oleh stand-stand yang menjual aneka jenis makanan dan minuman tradisional. Beberapa dari stand tersebut juga menampilkan nyanyian serta tarian untuk menarik minat pengunjung. Kami tertarik dengan salah satu stand yang menjual gulali karena proses pembuatannya yang unik.

Padat banget pengunjungnya
Belajar batik
Nyanyi dulu yuk
Gulali…..jajanan khas masyarakat Jawa

       Lanjut ke dalam, ada pertunjukan musik di panggung hiburan dengan menampilkan lagu-lagu jaman dulu. Meskipun kami belum lahir saat lagu itu diciptakan, tapi setidaknya kami pernah mendengar alunan lagu itu (lalu kami sepakat lagu-lagu djadoel terasa lebih enak untuk dinikmati dari pada lagu-lagu jaman sekarang). Banyak sekali stand-stand unik yang ditampilkan, misalkan stand pembuatan batik, stand foto bersama hewan (ada ular, kelinci, kucing, burung hantu, dll), lalu ada reog yang siap menemani kalian berfoto, dan tidak ketinggalan stand-stand makanan yang menggoda lidah kita.

Komunitas sepeda onthel
Pertunjukan tari dari salah satu SMP di Kota Blitar
Nostalgia tembang-tembang kenangan

Cukup itu saja?

Ternyata tidak. Mendekati pintu keluar ada tempat bermain untuk anak-anak maupun orang dewasa mulai dari komedi putar, bianglala, uji ketangkasan, dan masih banyak lagi (lebih lengkap dari pasar malam yang biasanya hadir di lapangan desa-desa). Tak terasa sudah lebih dari 1,5 jam kami memutari Blitar Djadoel ini, lumayan mengasyikan dari pada harus bermalas-malasan di rumah. Sekedar saran kalau ke sini ajak keluarga kalian, terutama buat kalian yang punya anak kecil ataupun adik yang masih SD, dijamin mereka akan senang dan dompet anda akan terkuras hehe.

Bianglala

Yuk kita meriahkan lagi Blitar Tempo Dulu tahun depan ^_^

************

Follow IG kita di traveller653 dan ayo bergabung bersama kami di trip-trip selanjutnya.

Leave a Reply